Mengobati Diare Anak Secara Alami

Pernahkah anda mengalami diare? Jika pernah bagaimana rasanya? Pasti anda akan merasa kesakitan dan lemas. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatasi diare secara alami. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja simak beberapa tips dibawah ini.
diare anak

Apa itu diare?

Diare adalah meningkatnya jumlah atau frekuensi buang air besar dimana feses berbentuk cair atau encer. Namun, sebenarnya diare juga merupakan respon yang baik dari tubuh. Daire bisa dikategorikan sebagai reaksi tubuh yang mengeluarkan bakteri, racun, atau virus yang masuk kedalam saluran pencernaan. 

Apa penyebab diare?

Ada beberapa penyebab diare ini. berikut adalah beberapa penyebab diare :
  1. Bakteri
  2. Virus (misal E. coli),
  3. Parasite (misal Giardia lambia)
  4. Alergi makanan
  5. Intoleransi dan adanya gangguan pada usus anak
  6. Keracunan makanan
  7. Air yang dikonsumsi tidak bersih
  8. Konsumsi obat – obat dan antibiotic tertentu
  9. Stress

Bagaimana pengobatan diare secara alami?

Berikut adalah beberapa pengobatan yang dapat anda lakukan secara alami jika menderita diare seperti yang sudah saya lansir dari dr. Aria Wibowo dalam laman meetdoctor.com 
  • Hindarkan Dari Dehidrasi

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika anak anda sedang menderita diare adalah menghindarkan anak dari dehidrasi. Hal ini dikarenakan pada saat diare banyak sekali cairan tubuh yang dikeluarkan. Sehingga pada saat diare biasanya akan terjadi dehidrasi. Jadi anda bisa menawarkan minuman seperti air, atau kaldu kepada anak anda, namun tidak yang terlalu manis.

Namun jika anak anda masih menyusu, maka berilah susu sesering mungkin pada anak anda. Anda juga dapat memberikan minuman yang mengandung elektrolit, misalnya oralit. Mengapa? Karena pada saat diare banyak sekali elektrolit yang terkuras dari tubuh sehingga harus diganti dengan cairan serupa. Langkah ini merupakan salah satu langkah yang cukup efektif untuk mengobati diare.
  • Diet Banana, Rice, Applesauce, and Toast (Diet BRAT)

Diet Banana, Rice, Applesauce, and toast atau diet BRAT ini merupakan sebuah diet yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics untuk mengobati diare pada anak – anak. Seperti namanya, diet BRAT ini terdiri dari pisang, nasi, apel alami, dan roti panggang polos (roti panggang tanpa selai dan mentega). Makanan ini tidak akan menggangu perut anak yang sedang menderita diare.

Salah satu hal yang membuat anak lemas saat diare adalah karena kehilangan banyak elektrolit. Nah, pisang dalam diet BRAT ini memiliki kandungan potassium, dimana kandungan potassium ini dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh anak selama diare. Dengan demikian anak tidak akan lemas lagi.
  • Hindari Jus Buah

Banyak yang menyarankan untuk sebaiknya menghindarkan anak yang sedang diare dari jus buah. Kebanyakan mengkonsumsi jus buah merupakan salah satu penyebab dari diare. Apalagi jus ini dibuat sampai manis banget, tentu ini akan menambah arah diare. Maka dari itu, anda sebagai orang tua ada baiknya untuk lebih membatasi jus buah pada saat anak diare.

Namun bagi anda yang sudah menemui beberapa gejala berikut ini, ada baiknya jika anda membawa si kecil ke dokter saja. Adapun gejala diare sudah parah adalah sebagai berikut :
  1. Sakit peruh yang parah
  2. Lesu karena diare yang berkepanjangan
  3. Terdapat darah pada tinja anak

Itulah cara mengobati diare pada anak secara alami yang dapat anda coba. Semoga dengan tips diatas, diare anak anda dapat sembuh dengan segera. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Popular Posts

Atas