Bahaya Kencing Sambil Berdiri

BAHAYA KENCING SAMBIL BERDIRI - Laki – laki kencing dengan cara berdiri merupakan sebuah hal yang sudah lumrah dijaman sekarang ini. Padahal secara etika kencing dengan cara berdiri dianggap kurang baik karena hewanpun juga melakukan kencing dengan cara berdiri, jadi sekilas tak ada perbedaannya antara hewan dan manusia. 
Ilustrasi jangan kencing sambil berdiri

Kencing dengan cara berdiri bagi sebagian orang memang ada yang sudah menjadi kebiasaan dan ada juga yang karena terpaksa. Misalkan saja, di toilet di berbagai layanan umum seperti mall, stasiun, bandhara, menyediakan tempat kencing khusus laki – laki yang menggantung (urinal) dan memaksa laki – laki untuk kencing dengan cara berdiri. Selain berbeda dengan ajaran (sunah) agama islam, ternyata kencing dengan cara berdiri juga menyimpan berbagai bahaya. 

Salah satu dari bahaya kencing sambil berdiri adalah meningkatkan resiko kencing batu. Mungkin penyakit ini sudah taka sing lagi di telinga anda. Namun tahukah anda bahwa kencing berdiri dapat meningkatkan resiko kencing batu? Pada saat anda kencing dengan berdiri, maka akan terjadi stasis atau pengendapan air seni di dalam kandung kemih yang menyebabkan konsentratnya mengendap dan membuat endapannya mulai membentuk batu kandung kemih 

Maka dari itu ada baiknya jika anda, mulai dari sekarang biasakanlah kencing dengan cara jongkok. Mengapa kencing harus sambil jongkok? Berikut adalah beberapa manfaat kencing sambil jongkok : 
  • Aliran kencing akan lebih sehat dan lebih baik 
Saat kita buang air kecil (kencing) dengan jongkok layaknya buang air besar, tanpa kita sadari kandung kemih kita akan tertekan dan semua air seni kita akan keluar tanpa ada yang tersisa di kandung kemih. Akan lebih baik lagi jika pada saat buang air kecil dengan jongkok anda juga batuk – batuk kecil agar kandung kemih lebih tertekan dan air seni dapat keluar semua dari kendung kemih. 
  • Membuang gas sisa metabolisme 
Saat kita membuang air seni dengan jongkok biasanya diikuti juga dengan buang gas sisa metabolisme. Namun beda cerita jika anda membuang air seni dengan berdiri, gas sia metabolisme jarang sekali akan ikut keluar. 

Mengingat manfaat dari kencing sambil jongkok dan bahaya kencing sambil berdiri, ada baiknya jika mulai sekarang kita membiasakan kencing dengan cara jongkok agar kesehatan lebih terjaga. Cukup sekian dan terima kasih.

 

Popular Posts

Atas