Cara Membuat Kopi Dari Biji Salak

Membuat kopi biji salak - Buah salak merupakan salah satu buah yang banyak dijumpai di Indonesia. Buah yang mempunyai kulit unik ini, mempunyai rasa yang manis dan biji yang cukup besar di dalamnya. Selain terdapat kulit luar, salak juga memiliki kulit di bagian dalam yang tipis. Biasanya orang Indonesia, jika memakan salak hanya makan dagingnya saja, lalu membuang isinya. 
kopi biji salak

Padahal, perlu anda ketahui bahwa ternyata biji salak dapat anda olah menjadi kopi yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain itu kopi biji salak juga mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai berikut
  • Menggempur hipertensi atau darah tinggi
  • Menggempur asam urat

Cara membuat kopi biji salak ini intinya juga sama dengan pembuatan kopi pada umumnya. Berikut adalah cara membuat kopi dari biji salak :
  1. Biji salak yang sudah tua dicuci bersih dengan menggunakan air mengalir, lalu tiriskan sampai kering.
  2. Setelah kering, sangria (digoreng tanpa minyak) biji salak sampai benar – benar matang, namun jangan sampai gosong. Sebab jika saat anda menyangrai biji salak sampai gosong, maka nanti rasa yang dihasilkan dari kopi biji salak ini juga akan lebih pahit.
  3. Biji salak yang sudah disangrai selanjutnya di tumbuk sampai halus.
  4. Ayak atau saring tumbukan biji salak sehingga didapatkan bubuk kopi yang halus.
  5. Kopi siap anda seduh.

Nah, itulah cara membuat kopi dengan menggunakan biji salak. Semoga cara pengolahan biji diatas dapat mengurangi sampah disekitar anda dan juga dapat memuaskan anda akan kopi. Sekian dan terima kasih.

 

Popular Posts

Atas