Tabulampot Buah Naga

Budi daya buah naga - Buah naga merupakan salah satu buah yang tergolong mahal. Karena memang buah ini sangat enak. Nah, jika anda ingin membudidayakan buah naga ini, anda dapat membudidayakannya sendiri di dalam pot. Berikut ini adalah beberapa panduan membudidayakan buah naga di dalam pot atau yang lebih di kenal dengan tabulampot buah naga.

Jangan lupa juga untuk membaca tabulampot yang lain :
  1. Tabulampot srikaya
  2. Tabulampot stroberi
  3. Tabulampot jambu biji
tabulampot buah naga


Pemilihan bibit buah naga

Bibit buah naga sebaiknya anda beli dari penangkar buah yang sudah dapat dipercaya. Pilih bibit dari setek batang tanaman buah naga yang sudah mencapai 60 cm dan diameter batangnya 7 cm.

Persiapan pot dan media tanam

Untuk pot ada bainya jika anda menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat dengan diameter 40-50 cm walaupun anda juga dapat menggunakan pot plastic. Pastikan pot mempunyai lubang dan kaki penyangga pada bagian bawahnya. Untuk media tanam gunakan campuran tanah, pasir, bubuk bata merah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1 : 2 : 2 : 3 : 1. Selain itu juga diperlukan dolomit dan pupuk NPK serta Hortigro, Molyfert A, dan Shell Foliar B sebagai campuran media tanam. Untuk satu pot ukuran diatas, dibutuhkan 100 gram dolomit dan 200 gram pupuk.

Pembuatan tiang panjat

Tiang panjat ini berguna untuk menegakan batang tanaman yang tumbuh menjulur. Berikut ini adalah cara membuat tiang panjat untuk tanaman buah naga.
  1. Siapkan besi yang berdiameter 8-10 cm dengan tinggi 200 cm. balut seluruh permukaannya dengan sabut kelapa yang diikat dengan tali.
  2. Buat lingkaran dengan menggunakan kawat dengan diameter 40 cm. lalu pasangkan dua buah kawat secara bepalang sehingga membentuk jari – jari.
  3. Pasangkan lingkaran ini pada ujung tiang panjat secara horizontal dengan cara mengikatkan pertemuan jari – jari pada ujung tiang panjat.
  4. Beri kaki penyangga tiang panjat dengan kaki yang berbentuk trapezium ukuran 30 x 35 cm pada bagian bawahnya, lalu pulas dengan menggunakan aspal agar tak gampang kropos.
  5. Terakhir masukkan tiang panjat yang sudah jadi ke tengah – tengah pot.
tiang panjat buah naga


Proses penanaman buah naga

Berikut ini adalah proses penanaman buah naga di dalam pot.
  1. Isi pot dengan media tanam sampai 80% dari volume pot
  2. Tambahkan dolomit 100 gram/pot dan pupuk Hortigro 20 gram/pot lalu aduk sampai rata dengan media tanam.
  3. Buatlah tiga lubang dengan kedalaman 10 cm dan diameter 6 cm pada setiap pot.
  4. Isi setiap lubang dengan bibit yang sudah disediakan. Lalu padatkan media tanam di sekitar pangkal bibit buah naga. Siram media tanam secukupnya, jangan sampai menggenangi pangkal batang bibit.
  5. Pasang tiang panjat dan ikatkan bibit pada tiang panjat tersebut agar tidak mudah roboh.
  6. Letakkan pot di tempat yang mendapat sinar matahri, terutama sinar matahari pagi.

Pemupukan tanaman buah naga

Setiap bulan beri pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 2 sendok teh/pot yang berisi tiga buah bibit buah naga. Tambahkan juga pupuk mikro seperti, Metalik, dengan konsentrasi 4 ml/liter air dan volume semprot 3 liter/tanaman. Pada umur 6 bulan, beri pupuk hortigro kuning dan hortigro power masing – masing 0,5 sendok teh/tanaman.

Pemangkasan tanaman buah naga

Salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembuahan tabulampot buah naga adalah pemangkasan. Pemangkasan diperlukan untuk membentuk cabang baru dan cabang produktif. Pemangkasan dilakukan sejak usia 2-4 bulan. Ujung batang tanaman dipangkas dengan menyisakan 40-60 cm dari media tanam.

Dengan pemangkasan inilah, pertumbuhan batanng ke arah atas akan lebih terpacu. Batang yang baru tumbuh inilah yang nantinya akan menjadi batang pokok. Setelah tingginya lebih dari 140 -170 cm kelebihannya harus dipangkas.

Dari batang pokok tadi akan tumbuh cabang – cabang baru berjajar sekitar 3-4 tunas. Pilih tunas yang pertumbuhannya baik dan cepat, serta letakknya dekat dengan batang pokok. Lalu buang tunas yang lain.

Pada umur 6 bulan, tanaman biasanya akan mulai berbunga. Dari kuncup bunga hingga menjadi buah siap petik membutuhkan waktu sekitar 50-55 hari.  Setelah itu, kitapun akan menyaksikan betapa indahnya sang naga.

Repotting tanaman buah naga

Repotting tabulampot buah naga dapat dilakukan setelah tanaman berumur 3 tahun. Saat mengeluarkan tanaman dari pot lama, lakukan secara hati – hati. Ambil seluruh bagian tanaman beserta tiang panjatnya. Selanjutnya pindahkan tanaman ke dalam pot baru berdiameter 60-70 cm yang sudah diisi dengan media tanam baru

 

Popular Posts

Atas