Tabulampot Srikaya

Cara Menanam Srikaya Di Dalam Pot - Banyak orang yang salah menyebut srikaya dengan sirsak. Padahal kalau dilihat dari segi fisik, srikaya dan sirsak mempunyai perbedaan yang hanya jelas. Srikaya biasanya berbentuk bulat dengan terdapat pola yang hampir membentuk belah ketupat. Sedangkan sirsak umumnya berbentuk memanjang dan terdapat seperti duri – duri. 

Namun pada kesemapatan kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh lagi tentang perbedaan srikaya dan sirsak, pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah tabulampot srikaya atau tanaman buah dalam pot untuk tanaman srikaya. Bagaimana langkah – langkah, berikut adalah langkah – langkahnya :
tabulampot srikaya

Pembibitan srikaya

Pembibitan srikaya ini dapat dilakukan dengan cara semai dan cara vegetatif (misal cangkok). Namun dari kedua cara tersebut, cara cangkok merupakan cara yang lebih baik, karena jika menggunakan cara semai, terkadang ketika sudah besar pohon tidak berbuah. Namun jika anda ingin mencoba cara semai tidak masalah. Adapun cara menyemai bibit srikaya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan polybag yang berisi tana yang sudha dicampur kompos atau arang sekam padi.
  2. Semailah biji didalam pot, anda dapat menyemai 1 biji sampai 20 biji dalam pot. Namun nanti setelah benih cukup besar dipindahkan 1 benih satu pot.
  3. Biji srikaya curup diletakkan di permukaan polybag saja.
  4. Taburi lagi biji srikaya dengan media dengan ketinggian kurang lebih 3 cm.
  5. Letakkan pot di tempat yang tidak tersinari matahari secara penuh, misal di bawah pohon.
  6. Biasanya biji akan muali tumbuh setelah 2 – 3 minggu penyemaian.

Pot dan media tanam srikaya

Untuk pot anda dapat menggunakan pot berdiameter 20 – 40 cm. setelah anda menyiapkan potnya sediakan juga media tanam untuk srikaya. Berikut ini adalah beberapa campuran media tanah yang bisa anda pilih.
  1. Campuran tanah, sekam dan humus bamboo dengan pebandingan 1 : 1 : 1
  2. Campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1
  3. Campuran tanah, pupuk kandang dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2 : 1 : 1
  4. Campuran tanah dan pupuk organic Super TW-Plus dengan perbandingan 6 : 1

Sebelumnya, lapisi terlebih dahulu pot dengan pecahan genting atau batu bata dan ijuk. Setelah itu baru campuran media tanam dimasukkan ke dalam pot sampai penuh dan siram dengan air. Sekarang pot sudah bisa digunakan untuk ditanami srikaya.

Penanaman srikaya

Berikut adalah tata cara tabulampot srikaya :
  1. Ambil sebagian media tanam dari dalam pot yang sudah disiapkan sebelumnya
  2. Keluarkan bibit srikaya dari dalam pot bersama dengan tanahnya. Jika bibit memiliki daun, ranting, dan akar yang berlebihan anda bisa memangkasnya sebagian. ( 1 pot satu tanaman srikaya)
  3. Tanam bibit di dalam pot dengan posisi tegak. Timbun dengan media tanam yang sudah diambil tadi dan padatkan di daerah sekitar pangkal.
  4. Siram pot hingga cukup basah, lalu letakkan pot di tempat yang terbuka agar terkena sinar matahari pagi sampai jam 11.00

Penyiraman tabulampot srikaya

Untuk penyiraman anda dapat menggunakan air dengan media apa saja, bisa menggunakan gembor ataupun selang. Penyiraman dilakukan sampai media tanam cukup basah. Pada musim kemarau ada baiknya penyiraman dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore. Sementara untuk penyiraman pada musim hujan, penyiraman cukup dilakukan jika media tanam mulai mengering saja.

Pemupukan tabulampot srikaya

Pemupukan pertama dilakukan sebulan setelah srikaya ditanam. Pupuk yang diberikan adalah campuran urea, TSP, dan KCl dengan pebandingan 2 : 2 : 1 dengan dosis 1 sendok makan untuk satu pohon (1 sdm/pohon). Pemupukan dilakukan dengan cara membenmkan pupuk ke dalam media tanam di sekeliling tanaman sedalam 10 cm.

Pemupukan selanjutnya dilakukan setelah tabulampot srikaya mulai berbunga. Sebaiknya gunakan pupuk NPK 15-15-15 yang dilarutkan dalam air dengan konsentrasi 25 gram/liter air. Siramkan larutan pupuk ke meida tanam dengan dosis 0,5 liter pupuk/pot.

Setelah tanaman rutin berbuah, tetap lakukan pemupukan sekurang – kurangnya empat bulan sekali. Gunakan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 1 sdm/pohon yang langsung dibenamkan di media tanam sekitar tanaman sedalam 10 disekitar tanaman.

Pengendalian hama srikaya

Tabulampot srikaya sering mendapat ancaman dari hama kutu sisik putih (Pseudoceccus lilacinus). Hama ini suka menggerombol di ranting, daun, pucuk, bunga, dan buah untuk mengisap cairan sel tanaman. Hama ini juga mengeluarkan air madu, sehingga mengundang datangnya semut. Akibatnya bagian yang terserang hama menjadi berkerut, menggulung, abnormal, dan rontok. Untuk mengendalikannya semprotkan insektisida seperti Kiltop 500 EC dan Perfekthion 400 EC.

Itulah beberapa informasi tentang tabulampot srikaya yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih

 

Popular Posts

Atas