Tabulampot Stroberi

Idealnya, stroberi memang ditanam di sebuah daerah dataran tinggi mulai dari ketinggian 1.000 sampai 1.500 meter diatas permukaan laut. Namun ternyata tanaman stroberi ini juga bisa ditanam didaerah dataran rendah asalkan bibitnya sudah beradaptasi dengan lingkungan di dataran rendah sampai dataran rendah. Untuk bibit stroberi Anda dapat peroleh dari stolon, biji, ataupun hasil kultur jaringan.

Jangan lupa untuk membaca tabulampot yang lain
  1. Tabulampot srikaya
  2. Tabulampot buah naga
  3. Tabulampot jambu biji
tabulampot stroberi


Bibit stroberi

Stroberi dapat diperbanyak dengan stolonnya yang menjalar di dalam tanah. Bagian yang diambil adalah bagian stolon yang sudah menghasilkan akar dan beberapa helai daun. Stolon yang sudah dipotong lalu ditanam dodalam polybag kecil. Ketika stolon sudah cukup kuat dan tumbuh tunas – tunas baru, bibit stroberi baru dipindahkan ke pot.

Pot dan media tanam tabulampot stroberi

Untuk pot tabumlapot stroberi Anda dapat menggunakan sebuah pot yang berdiameter 10-15 cm. siapkan juga media tanamnya. Untuk media tanamnya sebaiknya Anda menggunakan media tanam yang ringan, seperti sekam padi dan humus daun lamtoro. Anda juga dapat memanfaatkan pupuk kandang, namun terlebh dahulu harus Anda tumbuk dan ayak terlebih dahulu hingga halus. Salah satu komposisi campuran media tanam yang dapat Anda coba adalah campuran tanah subur, humus, dan pupuk kandnag dengan perbandingan 2 : 1 : 1

Penanaman stroberi

Berikut ini adalah beberapa langkah penanaman stroberi :
  1. Pertama masukkan pecahan genting atau batu bata ke dasar pot lalu masukkan media tanam sampai penuh dan siram sampai cukup basah.
  2. Sobek polybag yang berisi bibit stroberi lalu pindahkan bibit stroberi beserta media tanam dan akarnya.
  3. Buat lubang tanam di pot lalu masukkan bibit stroberi beserta akar dan media tanamnya lalu tutup dengan menggunakan media tanam sampai pada bagian pangkal batang.
  4. Letakkan pot ditempat yang teduh agar beradaptasi dan siram secara rutin pada pagi dan sore.
  5. Setelah tanaman cukup kuat, pindahkan pot ke tempat yang mendapat cahaya matahari pagi namun tempatnya masih tetap teduh.

Penyiraman tabulampot stroberi

Stroberi merupakan tanaman yang juga membutuhkan banyak air dan tidak suka dengan kekeringan. Maka dari itu siramlah tanaman stroberi secara rutin dua kali sehari pada pagi dan sore. Anda dapat menggunakan gembor untuk menyiram stroberi.

Penggemburan media tanam

Penyiraman yang sering ternyata juga dapat menyebabkan pemadatan pada media tanam. Maka dari itu sekurangnya sebulan sekali lakukanlah penggemburan media tanam. Namun saat melakukan penggemburan Anda harus hati – hati jangan sampai mengganggu pertumbuhan akar stroberi.

Pemupukan tabulampot stroberi

Setelah berumur satu bulan berikan pupuk pada tabulampot stroberi. Untuk setiap pot berikan 2 sendok teh, ½ sendok teh TSP, dan ½ sendok teh KCL. Pada masa sebelum berbunga (pertumbuhan vegetatif) gunakan pupuk daun kaya nitrogen. Sementara pada masa perbungaan dan pembuahan (pertumbuhan generatif) gunakan pupuk yang kadar fosfor dan kaliumnya tinggi.

Buang buah pertama stroberi

Asal pertumbuhannya bagus, stroberi sebenarnya tergolong tanaman yang mudah berbuah. Namun seringkali buahnya kecil – kecil. Hal ini bisa diatasi dengan cara membuang buah pertama dari tanaman stroberi. Hal ini dimaksudkan agar tanaman segera menjadi dewasa dan produktif berbuah pada musim berikutnya. Biasanya buah akan bebuah dua bulan setelah tanam.

 

Popular Posts

Atas