Tips Membangun Kepercayaan Toko Online

TIPS MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA BISNIS ONLINE - Kepercayaan dari konsumen merupakan salah satu modal utama dalam membangun sebuah bisnis. Baik bisnis online maupun bisnis offline, kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang sangat penting, sebab jika tidak ada kepercayaan dari konsumen, maka bisnis tidak akan banyak mendapatkan konsumen tetap atau pelanggan yang engan melakukan transaksi.

Untuk bisnis online sendiri, menyakinkan kepercayaan konsumen bahwa suatu bisnis itu benar – benar asli, bukan penipuan lebih sulit disbanding dengan bisnis offline. Apalagi akhir – akhir ini sedang marak – maraknya penipuan yang berkedok bisnis online, tentu akan menambah sulit membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis online.

Agar bisnis toko online yang anda jalankan dipercayai oleh konsumen, anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini :
  • Domain toko online anda

Domain merupakan salah satu tolak ukur suatu konsumen dalam memberikan penilain terhadap suatu toko online. Maka dari itu, bagi anda yang ingin membangun toko online sangat disarankan untuk tidak membangun toko online dengan subdomain gratisan, seperti toko.blogpot.com, toko.wordpress.com dan sebagainya. Untuk menambah kepercayaan konsumen sialhkan gunakan Top Level Domain (TLD) untuk website toko online anda, saya sarankan untuk memilih .com atau .co.id saja. Mengapa? Karena selain dapat menambah kepercayaan masyarakat, kedua domain tersebut juga mudah diingat oleh konsumen.
  • Produk selalu update

Sebagai pemilik bisnis toko online anda juga harus rajin – rajin dalam memperbarui (update) produk – produk yang anda jual di toko online anda. Hal ini sangat berguna untuk menyakinkan konsumen untuk membeli poduk yang anda jual. Mereka tidak akan ragu untuk membeli produk yang anda jual dengan melihat tanggal upload atau pembaruan produk. Dengan demikian konsumen akan semakin yakin bahwa produk yang anda jual memang terjamin.
  • Contac person (halaman kontak)

Contac person juga sangat penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online yang anda jalankan. Biasanya pengunjung yang ingin lebih jelas menganai suatu produk, biaya ongkos kirim, khasiat produk, dan sebagainya akan menghubungi anda untuk menanyakan hal tersebut. Maka dari itu memebrikan kontak person yang benar dan dapat dihubungi merupakan hal yang sangat penting. Jika contac person yang anda cantumkan di toko onine anda salah dan tidak bisa dihubungi, bukan tidak mungkin konsumen akan ragu dan batal untuk membeli produk anda.
  • Social media connection

Hubungkan toko online anda dengan sosial media yang anda punya, seperti facebook, twitter, LINE, BBM, atau sosia media lainnya. Karena dengan menghubungkan toko online anda ke sosial media dapat membuat calon konsumen kita lebih yakin terhadap toko online kita. Keaktifkan anda dalam mengupdate informasi dan produk toko online anda di sosial media juga dapat menambah nilai plus dalam membangun kepercayaan konsumen terdahap toko online yang anda jalankan. Maka dari itu, update-lah sosial media ana setiap hari.
  • Jalin percakapan dengan konsumen

Mengapa perlu menggunakan percakapan dengan konsumen? Mengapa tidak menggunakan testimonial saja? Karena calon konsumen belum tentu yakin dengan testimonial, apalagi sekarang banyak beredar testimonial palsu. Maka dari itu, agar konsumen lebih yakin terhadap toko online kita, maka jalinlah komunikasi atau percakapan dengan konsumen, misalkan dengan membalas komentar atau pesan yang masuk di toko online anda.

Itulah 5 tips membangun toko online agar dipercaya konsumen. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda

 

Popular Posts

Atas