Tips Membersihkan Furnitur Rumah

Cara Membersihkan Furnitur Rumah - Tak lengkap rasanya jika  suatu rumah tidak terdapat furnitur. Furnitur atau perabotan rumah yang biasanya ditonjolkan sebagai hiasan rumah memang perlu bagi rumah. Biasanya orang – orang yang memiiki furnitur bagus akan meletakkan furnitur tersebut di berAnda rumah. Alasannya, agar furnitur tersebut dapat dijadikan hiasan rumah.

Namun, karena adanya debu lama – kelamaan furnitur juga akan kotor, bahkan berkarat. Jika sudah begitu, furnitur akan kelihatan tidak menarik lagi. Berikut ini adaah beberapa tips membersihkan furnitur rumah agar furnitur kembali bersih namun tidak merusak bahannya.

Membersihkan Furnitur Yang Terbuat Dari Plastik

Di era sekarang memang sudah banyak sekali furnitur yang terbuat dari plastik, misal kursi, lemari dsb. Untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari plastik Anda dapat mencucinya menggunakan tiga sendok makan detergen (atau oksigen pemutih) yang dicampur dengan seember air hangat. Anda juga dapat mencoba car wax (pelapis badan mobil) untuk menutupi furnitur plastik. Pastikan Anda sudah menyeka furnitur tersebut sebelum orang lain menduduki furnitur tersebut.

Jika furnitur masih terlihat belum bersih, Anda dapat menggunakan cat semprot untuk plastik. Namun Anda perlu mempertimbangkan hal ini. Pasalnya plastik tidak tahan lama dengan sinar matahari, sehingga aka nada kemungkinan nanti setelah Anda membersihkannya malah furnitur akan terlihat tua. Maka dari itu, alternative lain adalah dengan mengelap furnitur dengan menggunakan kain kering.

Membersihkan Furnitur Yang Terbuat Dari Kayu

Sama seperti plastik, terkadang jika sudah terlalu lama furnitur kayu diletakkan ditempat yang terkena sinar matahari juga warnanya akan sedikit pudar. Untuk mengetasinya, cobalah dengan menggunakan beberapa sabun ringan dan spons dengan sisi hijau untuk menghilangkan kotorannya.

Khusus untuk furnitur yang terbuat dari kayu jati, sebaiknya furnitur dikeringkan terlebih dahulu secara menyeluruh. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak jati untuk menambah kilau dan kedalaman serat kayu kembali.

Mencuci Payung

Untuk membersihkan payung Anda dapat menggunakan deterjen. Meskipun banyak juga orang – orang yang menggunakan sabun pencuci mobil. Mencuci payung dengan mengikuti langkah – langkah yang terdapat dalam payung lalu keringkan sampai benar – benar kering agar payung tak berjamur.

Membersihkan Bantal

Untuk membersihkan bantal, Anda bisa menggunakan campuran satu sendok teh sabun pencuci piring dan satu sendok makan boraks dengan satu liter ai hangat. Lalu rendam bantal ke dalam larutan tersebut selama beberapa menit. Jika sudah, lalu bilas bantal dengan menggunakan air yang mengalir dan jemur dibawah terik matahari. Jika sudah kering, cobalah semprot bantal dengan menggunakan spray scotchgard untuk melindungi bantal dari sengatan sinar matahari.

Membersihkan Furnitur Yang Terbuat Dari Alumunium

Untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari alumunium, buatlah sebuah larutan yang terbuat dari sabun pencuci piring, air dan scrub. Lalu gunakan untuk mencuci sampai alumunium benar – benar bersih.

Membersihkan Furnitur Yang Terbuat Dari Besi

Besi merupakan suatu bahan yang bisa berkarat. Jika besi sudah berkarat Anda harus mengamplas karat besi tersebut. Lalu gunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air dan pastikan furnitur kering dengan baik. Selanjutnya untuk mencegah karat pada besi Anda dapat melapisinya dengan menggunakan cat atau lilin.

Itulah beberapa tips membersihkan furnitur rumah yang terbuat dari beberapa bahan. Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda, dan semoga furnitur Anda dapat kembali bersih seperti semula. Sekian dan terima kasih.

This is the current newest page
 

Popular Posts

Atas