Tips Memilih Baju Untuk Anak Bayi

Tips Memilih Baju Untuk Anak Bayi - Salah satu hal yang dipersiapkan oleh para ibu – ibu yang sedang atau akan mempunyai bayi adalah baju bayi. Ya, baju yang membuat bayi nyaman ini merupakan salah hal penting dalam perawatan bayi. Bagi sebagian ibu, membeli baju bayi yang baik merupakan sebuah hal yang sulit.
tips memilih baju bayi

Dijaman sekarang ini banyak ibu yang membeli baju untuk bayinya hanya melihat modelnya, warnanya, dan motifnya. Padahal terlepas dari kertiga hal itu, seharusnya yang harus diperhatikan dalam membeli baju untuk bayi adalah kenyamannya, keamanannya, dan kepraktisannya. Untuk kepraktisannya sendiri dibagi menjadi dua, yaitu praktis saat mau dipakai dan praktis saat dicuci. Berikut ini adalah beberapa tips membeli baju untuk bayi Anda.
  • Utamakan Keamanan Baju Untuk Bayi Anda

Usahakan tidak membeli baju yang banyak terdapat kancing – kancing kecil, bebatuan, dan pita – pita. Walaupun aksesoris tersebut kelihatannya bagus, namun juga cukup beresiko untuk kemanan bayi Anda. Apalagi jika bayi Anda adalah bayi yang aktif yang suka menarik – narik sesuatu, bisa jadi kancing dan pita tersebut nantinya malah tertelan bayi. Baegitu juga dengan tali pengetat leher, itu juga beresiko karena bisa membuat bayi tercekik dan kesulitan bernafas. Maka dari itu, pastikan sebelum membeli baju untuk bayi Anda, Anda sudah yakin bahwa kancing dan aksesoris lainnya sudah terpasang dengan benar dan tidak mudah lepas.
  • Cek Letak Label Baju Dan Pilih Baju Dengan Bahan Yang Nyaman

Salah satu hal yang perlu Anda cek dalam membeli baju untuk bayi adalah dimana letak label baju. Label biasanya juga dapat membuat bayi tidak nyaman (membuat iritasi). Maka dari itu, ada baiknya Anda memilih baju dengan label diluar atau disampaing daripada membeli baju dengan label di bagian dalam (dibelakang kerah) baju. Selain itu, pilih juga baju yang berbahan kain katun lembut. Karena kain katun lembut ini menyerat keringat dan membuat bayi nyaman. Bahkan banyak produsen baju bayi dan anak, kain katun ini tidak membuat bayi alergi.
  • Sesuaikan Ukuran Baju Dengan Berat Badan Bayi

Banyak orang yang salah kaprah dalam memilih baju bayi, mereka cenderung memilih baju bayi berdasarkan usia bayi. Padahal yang benar adalah memilih ukuran baju itu dengan melihat berat badan bayi. Anda sebaiknya memilih baju bayi yang satu ukuran lebih besar. Hal ini dikarenakan pada enam bulan pertama, bayi akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat (utamanya bayi dengan ASI eksklusif) sehingga baju dapat dipakai dalam kurun waktu yang lebih lama.
  • Baju Mudah Dipakai Dan Mudah Dilepas

Terutama pada bayi baru lahir yang organ tubuhnya masih rapuh, seperti bagian kepala yang masih lunak dan tulang leher yang belum kuat menopang. Berikut beberapa hal yang dapat membantu ibu memilih pakaian praktis bagi bayi.
  1. Pakaian dengan leher lebar, agar tidak menahan napas bayi saat dipakaikan. Bayi dapat merasa panik saat pernapasannya terganggu, meski hanya satu detik .
  2. Untuk bayi baru lahir, baju dengan kancing,  perekat atau ritsleting yang terletak di depan lebih aman dipakai. Ini akan menghindarkan ibu kesulitan melepas baju melalui kepala.
  3. Pilih pakaian dengan lengan yang lebih longgar dan tidak ketat.
  4. Perekat atau ritsleting yang ada pada selangkangan bayi, akan membuat ibu lebih mudah dan cepat dalam mengganti popok bayi tanpa harus membuka seluruh pakaian bayi. 

  • Pilih Baju Bayi Yang Berlabel Washable Atau Machine Washable.

Label ini menunjukkan bahwa baju tersebut dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci, sehingga akan lebih memudahkan orang tua dalam mencuci. Label ini juga biasanya menunjukkan bahwa pakaian tersebut nyaman, tahan lama, mudah dicuci dan berbahan katun.
  • Jangan Beli Baju Terlalu Banyak

Kebanyakan ibu akan membeli banyak baju untuk bayinya hanya karena motif baju yang lucu. Padahal pertumbuhan baju sangatlah cepat, sedangkan baju ukurannya tetap, sehingga nantinya banyak baju yang tidak terpakai. Selain itu biasanya dalam tradisi orang Indonesia juga banyak kerabat dan tetangga yang memberikan baju pada saat ada kelahiran bayi. Jadi beli baju untuk bayi Anda secukupnya saja, kalau berlebih nanti malah dompet Anda yang terkuras.

Itulah beberapa tips memilih baju untuk bayi Anda. Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda, sekian dan terima kasih.

 

Popular Posts

Atas